Lingkungan Hidup

Budaya dan Keragaman

Kapanlagi.com – Indonesia mewarisi keragaman seni dan budaya yang tercermin dalam “Bhineka Tunggal Ika” yang semuanya itu dapat dihayati dan direnungkan demi tetap tegaknya NKRI.

Selain pola-pola budaya daerah yang beraneka ragam, wawasan kebangsaan juga terus dimantapkan dalam mewujudkan ketahanan nasional, kata Koordinator Staf Menteri Pertahanan, Prof Dr M Bambang Pranowo di Nusa Dua, Bali Sabtu.

Ia mengatakan hal itu saat tampil sebagai pembicara mewakili Menteri Pertahanan Prof Dr Juwono Sudarsono pada Sarasehan Nasional “Menggali dan Mengokohkan Budaya Nusantara” serangkaian peringatan 100 tahun Perang Puputan Badung.

Sarasehan yang digelar Raja Badung ke IX Ida Tjokorda Ngurah Jambe, Bambang Pranowo mengingatkan, ketahanan nasional yang mantap mencakup di dalamnya keuletan dan ketangguhan akan mampu menghadapi setiap tantangan yang muncul.

Oleh sebab itu keragaman budaya yang dijunjung tinggi oleh masyarakat di seluruh daerah di Tanah Air memegang peranan penting dalam memantapkan budaya nasional.

Namun dalam kenyataannya hingga sekarang masih sering ditemui, khususnya dalam karya-karya senetron di televisi kebihinekaan itu belum tercermin, karena masyarakat di kawasan Indonesia hanya kecil mendapat peran.

Bambang Pranowo mengingatkan, tugas dan kewajiban dalam ikut menjaga stabilitas nasional, sekaligus mengabdikan diri untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Perang Puputan Badung yang terjadi 100 tahun silam sudah menunjukkan tekad dan semangat rakyat Bali untuk mencapai kemerdekaan, meskipun harus mengorbankan jiwa dan raganya,” kata Bambang Pranowo.

Sarasehan Nasional “Menggali dan Mengokohkan Budaya Nusantara” serangkaian peringatan 100 tahun Perang Puputan Badung berlangsung sehari diikuti para budayawan, tokoh masyarakat, politik dan pengusaha selama dua hari.

Sejumlah pembicara yang tampil lainnya Prof Dr Darmadjati Supardja dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Acep Zamzam Noor, budayawan dari Tasikmalaya, Abdul Munin (Jakarta) dan Hindrajit (Direktur Eksekutif Indonesia Future Institute)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: